Rabu, 16 September 2015

Cara Perawatan Burung Kenari

Seperti yang kita ketahui burung kenari adalah burung kicau dan warna. Keindahan suara yang dihasilkan terkadang mampu membius para para pecinta burung unuk segera memilikinya, terlebih jika dikombinasikan dengan untaian bulu yang indah berwarna warni dan terkadang mengkilap. Keindahan suara dan bulunya tentu tidaklah perkara yang mudah untuk merawatnya. Hanya penghobi burung yang dapat dengan mudah merawat dan memahami karakteristik burung kenari.

Image result for kenari juara

Untuk menghasilkan suara yang indah sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan hanya saja kita perlu sedikit ketekunan dan kegigihan. Ada beberapa faktor yang menjadi pencetus utama bagus atau tidaknya kualitas suara dan bulunya antara lain :

  1. Metode Perawatan : Untuk perawatan sehari hari burung kenari tidaklah sulit, hanya diperlukan makanan biji Millet putih/warna sembari berikan makanan tambahan sayuran berupa selada/sawi putih di setiap paginya. Usahakan dimandikan dengan menggunakan wadah air yang ukuran agak besar ke dalam kandangnya dan lakukan penjemuran di pagi hari dan terkena sinar matahari langsung setiap hari selama 2-3 jam.
  2. Faktor Genetik : Jelas faktor ini adalah unsur dari makhluk hidup dimana peranakan dari suatu individu akan mewarisi salah satu sifat dan karakteristik induk jantan atau betinanya. Jika 1 ekor kenari telah dikenali jenis dan karakteristik dari induknya maka 50% sifat kenari tersebut akan meniru salah satu dari induknya. Misalkan seekor kenari jantan juara dikawinkan dengan betina maka nantinya anakan yang menetas jantan akan menjadi seperti indukan jantannya. Demikian juga sebaliknya.
Sekedar untuk bahan tambahan bahwa burung kenari juga perlu dilatih nyali bertarungnya agar tidak kendur jika ada pejantan lain didekatnya. Biasanya kenari jantan yang dominan akan berbunyi keras dan lantang jika ada pesaing jantan lain didekatnya. Terlebih jika ada betina maka ia akan mengepak ngepakkan sayapnya sambil bernyanyi untuk menarik perhatian sang betina untuk kawin. Pelatihan mental burung kenari dapat dilakukan dengan cara mendekatkan kenari jantan yang lain kurang lebih berjarak 5 meter dan saling terlihat, bisa juga dilakukan latihan bersama mengumpulkan banyak burung kenari dalam 1 lokasi. Terkadang penghobi burung juga melakukan Mastering dengan cara memutar Mp3 suara kenari untuk memancing kenarinya agar mau berbunyi. Untuk menjaga stamina agar tetap prima berilah rebusan telur puyuh 4 kali dalam 1 minggu masing masing setengah butir.

Image result for kenari juara

Demikianlah rangkuman ini kami berikan dan semoga membawa manfaat bagi pecinta burung kenari khususnya di Indonesia. Jika ada saran dan masukan yang lebih menarik jangan sungkan untuk menambahkan dikolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar